إبن إسـمـاعيـل المــهـاجـريـن

Foto saya
Bersabarlah dirimu di atas Sunnah, tetaplah tegak sebagaimana para Shahabat tegak di atasnya. Katakanlah sebagaimana yang mereka katakan, tahanlah dirimu dari apa-apa yang mereka menahan diri darinya. Dan ikutilah jalan Salafush Shalih karena akan mencukupi kamu apa saja yang mencukupi mereka.

Kamis, 03 November 2011

Ternyata Nabi Pernah Tersihir...! (bag. 1)

Dunia sihir dan perdukunan telah dikenal oleh manusia sejak zaman dahulu hingga zaman modern seperti sekarang ini. Sihir yang dikenal pada zaman dahulu tidak jauh berbeda dengan yang ada pada zaman sekarang, hanya saja sihir yang ada pada zaman sekarang memiliki “kemasan” yang lebih variatif dan bersifat komersil. Sebut saja sihir pelet, santet, guna-guna, aji-aji, sulap, hipnotis, dan semisalnya.

Al-Qur’ân dan as-Sunnah telah menjelaskan akan adanya sihir berikut cara pencegahan dan pengobatannya. Bahkan telah disebutkan dalam sirah nabawiyah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam pernah disihir oleh seorang Yahudi bernama Labid bin al-A’shâm, kemudian Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam berdo’a kepada Allâh Subhanahu wa Ta'ala untuk memohon kesembuhan. Itulah cara pengobatan sihir paling tepat yang seharusnya dilakukan oleh seorang muslim, yaitu memohon kesembuhan kepada Allâh Subhanahu wa Ta'ala dengan cara-cara yang telah disyari’atkan. Sehingga tidak patut bagi seorang muslim untuk menggadaikan ‘aqidahnya dan menempuh jalan syaithan dengan mendatangi para dukun dan antek-anteknya.

Adapun, sebagian tokoh yang menolak keabsahan hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam dengan alasan bahwa hadîts tersebut menunjukkan aib yang akan mencoreng martabat kenabian dan tidak seharusnya disandang oleh seorang Nabi yang ma’shum, terlebih hadîts tersebut berstatuskan hadîts ahad yang tidak dapat dijadikan hujjah dalam ‘aqidah. Anggapan tersebut tidaklah dapat dibenarkan dari sudut pandang ‘ilmiyyah hadîtsiyyah maupun fakta yang ada. Sehingga untuk mereka, kutulis risalah ini, yang kuberi judul "Membongkar Syubhat Dibalik Penolakan Terhadap Hadits Tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam".

A. TAKHRIJ HADÎTS TERSIHIRNYA NABI shallallahu 'alaihi wa sallam
1. Teks Hadîts

سَحَرَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ مِنْ بَنِي زُرَيْقٍ يُقَالُ لَهُ لَبِيدُ بْنُ الْأَعْصَمِ حَتَّى كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ كَانَ يَفْعَلُ الشَّيْءَ وَمَا فَعَلَهُ حَتَّى إِذَا كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ أَوْ ذَاتَ لَيْلَةٍ وَهُوَ عِنْدِي لَكِنَّهُ دَعَا وَدَعَا ثُمَّ قَالَ يَا عَائِشَةُ أَشَعَرْتِ أَنَّ اللَّهَ أَفْتَانِي فِيمَا اسْتَفْتَيْتُهُ فِيهِ أَتَانِي رَجُلَانِ فَقَعَدَ أَحَدُهُمَا عِنْدَ رَأْسِي وَالْآخَرُ عِنْدَ رِجْلَيَّ فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِصَاحِبِهِ مَا وَجَعُ الرَّجُلِ فَقَالَ مَطْبُوبٌ قَالَ مَنْ طَبَّهُ قَالَ لَبِيدُ بْنُ الْأَعْصَمِ قَالَ فِي أَيِّ شَيْءٍ قَالَ فِي مُشْطٍ وَمُشَاطَةٍ وَجُفِّ طَلْعِ نَخْلَةٍ ذَكَرٍ قَالَ وَأَيْنَ هُوَ قَالَ فِي بِئْرِ ذَرْوَانَ فَأَتَاهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي نَاسٍ مِنْ أَصْحَابِهِ فَجَاءَ فَقَالَ يَا عَائِشَةُ كَأَنَّ مَاءَهَا نُقَاعَةُ الْحِنَّاءِ أَوْ كَأَنَّ رُءُوسَ نَخْلِهَا رُءُوسُ الشَّيَاطِينِ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَفَلَا اسْتَخْرَجْتَهُ قَالَ قَدْ عَافَانِي اللَّهُ فَكَرِهْتُ أَنْ أُثَوِّرَ عَلَى النَّاسِ فِيهِ شَرًّا فَأَمَرَ بِهَا فَدُفِنَتْ.

“Rasûlullâh shallallahu 'alaihi wa sallam disihir oleh seseorang dari Banî Zuraiq, yang bernama Labîd bin al-A’sham, sehingga beliau merasa melakukan sesuatu yang tidak dilakukannya. Sampai pada suatu hari atau pada suatu malam ketika beliau berada disisiku, beliau terus berdo’a dan berdo’a. Kemudian beliau bersabda, “Wahai ‘Âisyah, apakah kamu tahu bahwa Allâh telah memperkenankan do’aku tentang apa yang aku tanyakan kepada-Nya? Ada dua orang yang mendatangiku, satu diantaranya duduk di dekat kepalaku dan yang satunya lagi berada di dekat kakiku. Lalu salah seorang diantara keduanya berkata kepada temannya,
”Sakit apa orang ini?” “Terkena sihir,” sahut temannya. “Siapa yang telah menyihirnya?” tanya temannya lagi. Temannya menjawab, “Labîd bin al-A’sham.” “Dengan apa?” Dia menjawab, “Dengan sisir dan rontokan rambut ketika disisir, dan mayang kurma jantan.” “Lalu dimana semuanya itu berada?” tanya temannya. Dia menjawab, “Disumur Dzarwân.”
Kemudian Rasûlullâh shallallahu 'alaihi wa sallam mendatangi sumur itu bersama beberapa orang sahabat beliau. Setelah kembali, beliau berkata, “Wahai ‘Âisyah, seakan-akan airnya berwarna merah seperti perasan daun pacar, dan ujung dahan pohon kurma (yang berada di dekatnya) seakan-akan seperti kepala syaitan.”
Lalu ‘Âisyah bertanya, “Wahai Rasûlullâh, tidakkah engkau meminta dikeluarkan?” Beliau menjawab, “Allâh telah menyembuhkanku, sehingga aku tidak ingin memberi pengaruh buruk kepada umat manusia dalam hal itu.” Kemudian beliau memerintahkan untuk menimbunnya, maka semuanya pun ditimbun dengan segera."

2. Kritik Sanad

Hadîts ini diriwayatkan dari jalur Hisyâm bin ‘Urwah dari bapaknya (‘Urwah) dari ‘Âisyah radhiyallahu'anha.
Rawi-rawi yang meriwayatkan dari Hisyam bin ‘Urwah, diantaranya:
1. Yahya bin Sa’îd al-Qaththân al-Bashri.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (VI/276), Ahmad dalam Musnad Ahmad (VI/50), Ibnu Jârir dalam Tafsîr Ath-Thabarî (II/437).
2. ‘Îsa bin Yûnus al-Kufi.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (VI/334 dan X/221), an-Nasâ’i dalam Sunan Al-Kubrâ (IV/380), Ishâq (II/68), Ibnu Hibbân dalam At-Taqrîb Al-Ihsân (VIII/194).
Berkata al-Bukhâri (X/221), “Riwayat ini memiliki tâbi’ dari Abû Usâmah dan Abû Dhamrah, dan Ibnu Abî Zinad dari Hisyâm. Dan berkata al-Laits, ‘Dan Ibnu Uyainah dari Hisyâm.”
3. Ibnu Juraij al-Makki.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (X/232).
4. Abû Usâmah al-Kufi .
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (X/235), Muslim dalam Shahîh Muslim (XIV/178), Ahmad dalam Musnad Ahmad (VI/63), Abî Ya’la dalam Musnad Abî Ya’la (VIII/90).
5. Sufyân bin Uyainah al-Kufi.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (X/479), al-Humaidi dalam Musnad Al-Humaidi (I/125), Ibnu Hazm (XI/400), asy-Syâfi’i dalam Al-Musnad (II/196).
6. Abû Dhamrah Anas bin ‘Iyadh al-Madani.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (XI/192), al-Baihaqi dalam Dalâ-il An-Nubuwwah (IX/247), al-Baghâwi dalam Syarh As-Sunnah (VI/279).
7. ‘Abdullâh bin Numair al-Kufi.
Dikeluarkan oleh Muslim dalam Shahîh Muslim (XIV/174), Ibnu Mâjah (II/1173), Ahmad dalam Musnad Ahmad (VI/57), Ibnu Abî Syaibah (VIII/30), Ibnu Jârir (II/437), Ibnu Hibbân dalam Taqrîb Al-Ihsân (VIII/193).
8. Ma’mâr bin Rasyid al-Bashri.
Dikeluarkan oleh Ahmad dalam Musnad Ahmad (VI/63).
9. Wuhaib al-Bashri.
Dikeluarkan oleh Ahmad dalam Musnad Ahmad (VI/96), Ibnu Sa’ad (II/2/2/4).
10. ‘Abdurrahmân bin Abî Zinad al-Madani.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri secara mu'allaq (X/221).
11. Al-Laits bin Sa’âd al-Mishri.
Dikeluarkan oleh al-Bukhâri dalam Shahîh Al-Bukhâri (VII/145).
12. Murajja bin Raja al-Bashri.
Dikeluarkan oleh al-Hafizh dalam Tabligh At-Ta’liq (V/49).
13. Hammad bin Salâmah al-Bashri.
Dikeluarkan oleh al-Hafizh dalam Tabligh At-Ta’liq (V/49).
14. Âli bin Mushir.
Dikeluarkan oleh Imâm ath-Thahâwi dalam Musykîl Al-Atsâr (XV/179).

Dan hadîts ini memiliki beberapa syawahid dari jalur lain, diantaranya:
1. Dari jalur Zaid bin Arqam radhiyallahu'anhu:
سَحَرَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلٌ مِنْ الْيَهُودِ قَالَ فَاشْتَكَى لِذَلِكَ أَيَّامًا قَالَ فَجَاءَهُ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام فَقَالَ إِنَّ رَجُلًا مِنْ الْيَهُودِ سَحَرَكَ عَقَدَ لَكَ عُقَدًا عُقَدًا فِي بِئْرِ كَذَا وَكَذَا فَأَرْسَلَ إِلَيْهَا مَنْ يَجِيءُ بِهَا فَبَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ فَاسْتَخْرَجَهَا فَجَاءَ بِهَا فَحَلَّلَهَا قَالَ فَقَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَأَنَّمَا نُشِطَ مِنْ عِقَالٍ فَمَا ذَكَرَ لِذَلِكَ الْيَهُودِيِّ وَلَا رَآهُ فِي وَجْهِهِ قَطُّ حَتَّى مَاتَ.
Dikeluarkan oleh Imâm Ahmad dalam Musnad Ahmad (IV/367), an-Nasâ’i (VII/112), Ibnu Abî Syaibah (VIII/1, 29, 30), ath-Thabranî (V/202), Ibnu Sa’ad (II/2/6).

2. Dari jalur Ibnu Abbâs radhiyallahu'anhuma.
مَرَضَ رَسُول الله صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّم مَرَضا شَدِيدا فَأَتَاهُ مَلَكَان فَقَعِدا أَحَدهُمَا عِندَ رَأسِه وَالآخَر عِندَ رِجلَيهِ، فَقَالَ الَّذِي عِندَ رِجلَيه لِلَّذِي عِندَ رَأسِه: مَا تَرَى؟ قَالَ: طب، قَالَ: وَمَا طبه؟ قَالَ : سحر، قَالَ: وَمَا سحره؟ قَالَ: لَبِيد بن أَعصَم اليَهُودِي، قَالَ: أَينَ هُوَ؟ قَالَ: فِي بِئر آل فُلان تَحتَ صخرة فِي رُكيَة فَأَتوا الرُكي فانزحوا ماءها وارفعوا الصخرة ثم خذوا الكربة فَاحَرقُوهَا. فَلَمَّا أَصبَح رَسُول الله صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّم بعث عَمَّار بِن يَاسَر في نَفر فَأتوا الركي فَإِذَا مَاؤُهَا مِثل مَاء الحِنَاء فَنزحوا المَاء ثُمَّ رَفَعُوا الصَخرة وأَخرجُوا الكربة فَأحرقُوهَا فإذا فِيهَا وَتَرَ فِيهِ إِحدَى عَشرة عُقدَة فَأنزَلَت عَلَيهِ هَاتانِ السُورَتان فَجعلَ كُلمَا قَرأ آيَة انحلت عُقدَة: قُل أَعُوذُ بِرَبِّ الفَلَق، وَقُل أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاس.
Dikeluarkan oleh Imâm al-Baihaqi dalam Dalâ’il An-Nubuwah (VI/248), as-Suyûthi dalam Al-Dur Al-Mantsûr fî Al-Tafsîr Bi Al-Ma’tsûr (XV/794-795).

3. Dari jalur Anas bin Malik radhiyallahu'anhu:
صَنَعَت اليَهُود بِالنَّبِي صَلَّى الله عَلَيهِ وَسَلَّم شَيئاً فَأَصَابه مِنهُ وجع شَدِيد، فَدَخَل عَلَيهِ أَصحَابه فَخَرجُوا من عِندَه وهم يرون أنه ألم به فَأَتَاهُ جِبرِيل بِالمعوّذتَين فَعوّذه بِهِمَا ثُمَّ قَالَ: بِسمِ اللهِ أَرقِيكَ مِن كُل شَر يُؤذِيكَ وَمِن كُلِّ عَين وَنَفس حَاسد الله يَشفِيك بِاسمِ اللهِ أَرقِيكَ.
Dikeluarkan oleh as-Suyûthi dalam Al-Dur Al-Mantsûr fî Al-Tafsîr Bi Al-Ma’tsûr (XV/795), An-Nihâyah (IV/272).

3. Kritik Matan
Matan hadîts tersebut sejalan dengan firman Allâh 'Azza wa Jalla:
وَمِنْ شَرِّ النَّفَّثَتِ فِى الْعُقَـدِ
“Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul." (QS. Al-Falaq: 1-5).

Al-Qurthubîy berkata, “Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, yakni tukang-tukang sihir wanita yang menghembuskan pada buhul-buhul pada saat membaca mantra.”[1]

Al-Hafizh Ibnu Katsîr berkata, “Dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, Mujâhid, Ikrimah, al-Hasan, dan adh-Dhahhak berkata (yang dimaksud yakni), para tukang sihir.“[2]

Ibnu Jarîr ath-Thabarîy berkata, “dari kejahatan para tukang sihir wanita yang menghembuskan buhul-buhul, yakni pada saat membaca mantra, Al-Qâsimîy mengatakan, “Pendapat itu pula yang dikemukakan oleh para ahli tafsîr.”[3]

Abû Muhammad al-Maqdisi berkata, “Maksudnya adalah wanita-wanita tukang sihir yang membuat simpul-simpul ikatan dalam sihir mereka, dan meniup pada simpul-simpul tersebut. Kalau sihir tidak benar-benar terjadi, niscaya Allâh 'Azza wa Jalla tidak akan menyuruh kita untuk berlindung kepada-Nya dari sihir tersebut.”[4]

Matan hadîts yang dikutip sesuai dengan matan yang ada pada sumber aslinya. Memiliki banyak tâbi’ dan syahîd. Dan ada beberapa variasi lafazh dalam matan hadîts tersebut, diantaranya sebagai berikut:

[أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُحِرَ], [سُحِرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ], [كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُحِرَ], [أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طُبَّ].
[رَجُلٌ مِنْ بَنِي زُرَيْقٍ], [مِنْ يَهُودِ بَنِي زُرَيْقٍ], [رَجُلٌ مِنْ الْيَهُودِ].
[كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ أَوْ ذَاتَ لَيْلَةٍ], [كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ], [أَيَّامًا].
[كَانَ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ صَنَعَ شَيْئًا وَلَمْ يَصْنَعْهُ], [كَانَ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ يَفْعَلُ الشَّيْءَ وَمَا يَفْعَلُهُ], [كَانَ يَرَى أَنَّهُ يَأْتِي النِّسَاءَ وَلَا يَأْتِيهِنَّ].
[فِي بِئْرِ ذَرْوَانَ], [فِي بِئْرِ ذِي أَرْوَانَ], [فِي ذَرْوَانَ وَذَرْوَانُ بِئْرٌ], [في بِئرِ فُلان الأنصَاري], [فِي بِئْرِ رَجُلٍ مِنَ الأَنْصَارِ], [في بِئرِ كَذَا وَكَذَا].

Tidak ada ‘illat dan syuzuz dalam matan hadîts ini. Dengan demikian matan hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah Shahîh.

4. Derajat (Nilai) Hadîts
a. Bila ditinjau dari kualitas sanad, maka hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut adalah hadîts shahîh dan telah diriwayatkan oleh para râwi yang tsiqah dari berbagai negeri, diantaranya Bashrah, Kufah, Makkah, Madinah, Mesir dan lain-lain.
b. Bila ditinjau dari kuantitas sanad, maka hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut adalah hadîts mutawâtir atau sekurang-kurangnya masyhûr. Yaitu: riwayat dari ‘Âisyah, Zaid bin Arqam, Ibnu Abbâs, Anas bin Malik.
c. Bila ditinjau dari status penisbatannya, maka hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut adalah hadîts marfu’ (sanadnya bersambung sampai kepada Rasûlullâh shallallahu 'alaihi wa sallam.

5. Komentar Ulama
Hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam) tersebut telah diriwayatkan oleh jama’ah ahli hadîts dan mereka telah ittifaq (sepakat) menerima keshahîhannya dan tidak ada seorang pun yang meragukannya apalagi mengingkari keshahîhannya, kecuali orang-orang mutakallimin (ahli kalam) atau orang-orang yang terkena syubhat mereka.

Berikut penulis nukilkan sebagian komentar para ulama ahlul hadîts terkait hadîts tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam:
a. Imam Al-Bukhari telah menshahîhkan hadîts ini dan memasukkannya ke dalam kitab shahîhnya. Sebagaimana perkatan beliau,
لَـمْ أُخَرِّجْ فِي هَذَا الكِتَاب إِلاَّ صَحِيْحًا, وَمَـا تَرَكْتُ مِنْ الصَحِيْح أَكْثَر
“Tidak aku takhrij satupun hadîts di kitâb ini (al-Jâmi‘ush Shahîh) melainkan hadîts yang shahîh, dan yang aku tinggalkan (tidak aku masukkan ke dalam kitâb ini) dari hadîts yang shahîh lebih banyak lagi.”[5]
b.Imâm Muslim juga telah menshahîhkan hadîts ini dan memasukkannya ke dalam kitab shahîhnya. Sebagaimana beliau pernah ditanya oleh Abû Bakar bin Ukhtî Abî al-Nadhr, tentang hadîts Abû Hurairah, yaitu “Apabila Imâm membaca, maka hendaklah kamu (ma’mum) diam (mendengarkan) , apakah hadîts tersebut shahîh?”[6] Beliau menjawab, “Menurutku shahîh.” Maka Abû Bakar bertanya lagi, “Mengapa engkau tidak memasukkannya di sini (di Kitâb Shahîh-mu)?” Dan beliau menjawab:
لَيْسَ كُلُّ شَيْءٍ عِنْدِي صَحِيْح وَضَعْتُهُ هَهُنَا, إنَّمَا وَضَعْتُ هَهُنَا مَا أجْمَعُوا عَلَيْه
“Tidak setiap (hadîts) yang menurutku shahîh, aku masukkan di sini (Kitâb Shahîh Muslim), hanya saja yang aku masukkan di sini adalah apa yang telah mereka sepakati.”[7]
c. Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata: “Hadîts ini derajatnya shahîh menurut para ulama ahli hadîts, mereka tidak berselisih tentang kebenarannya. Hadîts ini telah disepakati keshahîhannya oleh Al-Bukhâri dan Muslim, dan tidak ada yang menjarhnya meskipun hanya sepatah kata, kisah ini telah masyhûr dikalangan ahli tafsîr, dan pemilik sunan, ahli târîkh, dan para fuqahâ’ dan mereka lebih ‘alim tentang keadaan Rasûlullâh shallallahu 'alaihi wa sallam dibanding dengan ahli kalâm."[8]
d. Imam Al-Albaniy berkata: “Hadîts ini telah disepakati keshahîhannya oleh al-Bukhâri dan Muslim, dan demikian juga dari para ulama ahli tahqîq telah sepakat menerimanya. Namun sebagian ahli bid’ah yang dahulu telah menolak keabsahan hadîts ini dan hal itu diikuti oleh sebagian mutaakhirîn, padahal hadits ini shahîh tanpa sedikitpun keraguan di dalamnya, tidak ada pengaruh sedikitpun dengan perkataan orang-orang yang mengingkarinya."[9]
e. Imam Al-Mâzirî berkata: “Hadits ini shahîh dan telah diingkari oleh sebagian ahli bid’ah, mereka menyangka bahwa hadîts ini mendiskreditkan jabatan kenabian dan membuat keragu-raguan terhadap kenabian beliau. Sungguh, perkataan yang dilontarkan oleh ahli bid’ah ini adalah batil, karena telah tegak dalil yang menerangkan tentang kebenaran, keshahihan dan kema’shuman beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dalam penerimaan dan penyampaian wahyu.”[10]

B. SYARAH HADÎTS
1. Makna Al-Kalimat
Lafazh [مَطْبُوبٌ] (orang yang tersihir), bermakna [مَسحُور] (orang yang terkena sihir).
Lafazh [من طبّه؟] (siapa yang menyihirnya), bermakna [من سحره؟] (siapa yang telah menyihirnya).
Lafazh [المشاطة] (rontokan rambut), bermakna [الشعر المتساقط من الرأسي واللحية عند ترجيلهما] (uban atau rambut berwarna putih yang rontok dari kepala dan jenggot).
Lafazh [جف طلع نخلة] (mayang pohon kurma kering), bermakna [الجف هو الغشاء الذي يكون على طلع] (kulit tipis bagian luar dari mayang kurma kering).
Lafazh [الطلع] (mayang kurma), bermakna [هو ما يطلع من النخلة ثم يصير ثمرا إذا كانت أنثى٬ وإن كانت ذكرا لم يصر ثمرا٬ بل يؤكل طريا ويترك على النخلة أياما معلومة حتى يصير فيه شيء أبيض مثل الدقيق وله رائحة زكية فيلقح به الأنثى] (mayang pohon kurma yang akan menjadi buah bila itu mayang kurma betina, bila itu mayang kurma jantan maka tidak akan menjadi buah, namun bisa dimakan karena lunak dan segar, dan terkadang dibiarkan untuk beberapa hari sampai berwarna putih seperti tepung dan mengeluarkan aroma wangi yang dijadikan untuk penyerbukan atau untuk dikawinkan dengan mayang kurma betina).
Lafazh [نقاعة الحناء] (celupan daun pacar), bermakna [حمراء مثل عصارة الحناء إذا وضعت في الماء] (berwarna kemerah-merahan seperti perasan daun pacar apabila diletakkan atau dicelupkan di air).
Lafazh [كأن نخلها روؤس الشياطين] (seolah-olah pohon kurmanya seperti kepala syaithan), bermakna [أي أنها مستدقة كروؤس الحيات٬ والحية يقال لها الشيطان٬ وقيل: أراد أنها وحشة المنظر قبيحة الأشكال] (bentuknya lonjong seperti kepala ular, dan ular disebut juga penjelmaan syaithan, disebut juga sesuatu yang tidak indah dipandang mata karena bentuknya buruk).[11]

2. Makna Al-Hadîts
Orang-orang Yahudi telah bersepakat dengan Labîd bin al-A’shâm –penyihir Yahudi terhebat– untuk menyihir Rasûlullâh shallallahu 'alaihi wa sallam dengan imbalan tiga dinar.[12] Kemudian, Labîd segera melancarkan sihir pada beberapa helai rambut Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Ada yang mengatakan bahwa Labîd mendapatkan beberapa helai rambut itu dari seorang anak kecil yang pernah pergi ke rumah Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Pada beberapa helai rambut itu, Labîd melancarkan sihirnya dan kemudian meletakannya di sumur Dzarwân.
Secara lahiriah, melalui penggabungan beberapa hadîts, bahwa sihir ini termasuk jenis sihir yang dimaksudkan untuk memisahkan suami dari istrinya. Dalam bayangan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau dapat mencampuri salah seorang istrinya, tetapi setelah mendekatinya, beliau tidak dapat melakukannya. Tetapi sihir yang dilancarkannya itu tidak berhasil mengenai akal, tingkah laku dan tindakan beliau, dan sihir itu tidak berhasil memberikan pengaruh kecuali seperti yang disebutkan di atas.
Para ulama telah berbeda pendapat mengenai masa sihir itu berlangsung. Ada yang mengatakan, empat puluh hari, dan ada juga yang mengatakan lain.[13] Kemudian, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memanjatkan do’a kepada Rabbnya dan bersungguh-sunggguh dalam memanjatkannya, sehingga Allâh mengabulkan doanya dan menurunkan dua malâikat, yang salah satunya duduk di dekat kepada beliau dan satu lagi di dekat kakinya. Salah seorang dari keduanya bertanya, “Sakit apa dia?” “Disihir,” sahut temannya. “Siapa yang telah menyihirnya?” tanya temannya lagi. Dia menjawab, “Labîd bin al-A’shâm, si Yahudi.” Selanjutnya, salah satu Malâikat itu menjelaskan bahwa sihirnya ada pada sisir dan rontokan rambut Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, yang diletakan di mayang kurma jantan, yang memiliki pengaruh lebih kuat dan dahsyat, lalu ditimbun di bawah bongkahan batu di sumur Dzarwân.
Setelah kedua Malâikat itu selesai mendeteksi keadaan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, maka Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam memberi perintah untuk mengeluarkan sihir itu dan menimbunnya. Dari penggabungan jalan periwayatan hadîts, tampak jelas bahwa orang-orang Yahudi telah melancarkan satu macam sihir yang paling dahsyat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, tujuan mereka adalah membunuh beliau. Diantara sihir itu memang ada yang mengakibatkan kematian, sebagaimana yang sudah diketahui, tetapi Allâh Suhanahu wa Ta'ala melindungi beliau dari tipu daya mereka, sehingga sihir itu diringankan menjadi sihir yang paling ringan, yaitu sihir ar-rabth (ikatan).[14]
Oleh karena itu, maka jelaslah bahwa sihir itu hanya menguasai jasad dan anggota tubuh Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, bukan akal, hati dan keyakinan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam. Dan apa yang menimpa beliau ini adalah salah satu penyakit dari sekian penyakit yang datang, Allah pun menyembuhkan beliau shallallahu 'alaihi wa sallam dari penyakit itu. Sihir yang mengenai beliau sama sekali tidak mengurangi kebenaran risalah beliau, dan itu bukanlah aib bagi beliau, karena para nabi pun terkena penyakit.[15]

(bersambung Insya Allah...)


Catatan Kaki:
---------------------
[1] Lihat Tafsir Al-Qurthubîy (XX/257).
[2] Lihat Tafsir Ibnu Katsîr (IV/573).
[3] Lihat Tafsir Al-Qâsimîy (X/302).
[4] Lihat Fath Al-Majîd (hal. 385) dan Al-Shârim Al-Battâr (hal. 47).
[5] Lihat Hadyu al-Sâri Muqaddimah Fathu Al-Bâri’ Syarh Al-Bukhâri, cet. Dâr al-Hâdîts (hal. 10).
[6] Hadîts Shahîh, diriwayatkan oleh Abû Dâwud, kitab al-Shalâh, bab al-Imâm Yushalli Min Qu’ûd (no. 603 dan 604), Ibnu Mâjah, kitab Iqamah al-Shalawâti wa al-Sunnah Fȋha, bab Idza Qira-a al-Imâm Fa Anshitû (no. 846).
[7] Lihat Shahîh Muslim, kitab ash-Shalâh, bab at-Tasyahhud fȋ as-Shalâh, cet. Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah (II/15).
[8] Lihat Badâ’i Al-Fawâ’id (II/223).
[9] Lihat Misykâh Al-Mashâbih (III/1651-1652, no. 5893) dan Silsilah Al-Ahâdîts Al-Shahîhah (VI/615-619, no. 2761).
[10] Imâm Al-Nawâwi menukil perkataan ini dalam Syarh Muslim (XIV/174), dan Al-Hâfizh Ibnu Hajar dalam Fath Al-Bâri (X/226-227), dan keduanya menetapkan perkara ini.
[11] Lihat Al-Shârim Al-Battâr (hal. 33-34).
[12] Al-Hâfizh Ibnu Hajar menukil riwayat dari Ibnu Sa’ad, bahwa terjadinya sihir itu adalah bertepatan pada kepulangan Rasûlullâh shallallahu 'alaihi wa sallam dari Hudaibîyah, bulan Dzul Hijjah, tahun ke 7 H. Lihat Fath Al-Bâri (X/206).
[13] Disebutkan dari jalur Dhamrah dalam diriwayatkan Al-Ismâ’ilîy “empat puluh hari”, dari jalur Wuhaib dari Hisyâm dalam riwayat Ahmad “enam bulan”, namun yang rajih adalah “enam bulan”, sebagaimana diriwayatkan oleh Al-Zuhri dengan sanad yang shahîh. Lihat Fath Al-Bâri (X/206).
[14] Lihat Al-Shârim Al-Battâr Fî Al-Tashaddîy li Al-Saharati Al-Asyrâr (hal. 34-36).
[15] Sebagaimana yang dijelaskan oleh ‘Iyyâdh dan dinukil oleh Al-Hâfizh dalam Fath Al-Bâri (X/207). Disebutkan pula dalam Al-Ikmâl (VII/88).

[Dinukil dari Proposal Tesis dengan judul "Tinjauan Kritis Terhadap Penolakan Hadîts Tersihirnya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam", oleh Sofyan Hadi bin Isma'il Al-Muhajirin, Pasca Sarjana UIN SGD Bandung, 2011]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar